Beranda > News, PMDK UNUD > Informasi : Persyaratan, Kriteria Penilaian dan Jadwal Pelaksanaan PMDK Universitas Udayana (Unud) 2010

Informasi : Persyaratan, Kriteria Penilaian dan Jadwal Pelaksanaan PMDK Universitas Udayana (Unud) 2010

YES, buat yang mau masuk di Unud, baca dulu persyaratan dibawah ini. Untuk formulir pendaftarannya bisa di download di :

Download Formulir Pendaftaran PMDK Unud 2010

Persyaratan Umum

  1. Setiap siswa SMA/SMK diperkenankan mengikuti seleksi PMDK UNUD, asalkan nilai setiap mata pelajaran pada rapor yang disyaratkan tidak kurang dari 6,0 dan selama menjadi siswa tidak pernah tidak naik kelas. Khusus untuk pilihan Program Studi Arkeologi, Antropologi Budaya, Ilmu Sejarah, Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Bali, Bahasa dan Sastra Jawa Kuna diperbolehkan nilai 5,0 untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.
  2. Siswa yang mendapatkan prestasi Olimpiade Tingkat Internasional/Nasional Bidang Studi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, dan lainnya yang sesuai dengan program studi pilihan dapat dipertimbangkan lulus seleksi secara langsung oleh Panitia Seleksi dengan Surat Keputusan Rektor.
  3. Mengisi Formulir Seleksi (Lampiran 1) secara lengkap dengan menggunakan tinta hitam dan huruf kapital, serta telah mendapat persetujuan dari orang tua/wali siswa dan diketahui oleh Kepala Sekolah dengan membubuhkan tanda tangan dan stempel sekolah.
  4. Setiap siswa SMA/SMK hanya diperkenankan memilih satu Program Studi (Lampiran 2) melalui jalur PMDK
  5. Mengisi Form Surat Pernyataan Kesediaan Membayar Biaya Pendidikan (Lampiran 3)
  6. Melampirkan fotocopy rapor kelas X (semester 1 dan 2), Kelas XI (semester 1 dan 2) dan kelas XII (semester 1), yang disahkan oleh Kepala Sekolah.
  7. Siswa SMA/SMK yang masih menggunakan sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) nilai rapor yang digunakan hanya nilai kognitif saja (dalam bentuk numerik / angka).
  8. Mengisi Kartu Kendali dan Tanda Peserta PMDK 2010 (Lampiran 10).
  9. Setiap siswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,- (Tiga ratus ribu rupiah) yang disetor/ditransfer ke Rekening Rektor Universitas Udayana Nomor : 145-00-0512598-0 pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Lembar asli bukti setoran/transfer uang dilampirkan pada berkas lamaran.
  10. Melampirkan surat keterangan sehat (asli) dari dokter.

Persyaratan Tambahan

  1. Setiap peserta harus mengikuti ujian tulis Tes Potensi Akademik dan Tes Prestasi Akademik Universitas Udayana sesuai jadwal. Tes Prestasi Akademik bidang IPA terdiri atas : Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA Terpadu. Tes Prestasi Akademik bidang IPS terdiri atas : Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Indonesia dan IPS Terpadu.
  2. Siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu (secara ekonomi) agar mengisi Surat Pernyataan Berasal dari Keluarga Tidak Mampu (Lampiran 4) untuk pertimbangan usulan pemberian beasiswa dan pembebasan biaya-biaya lainnya (Lampiran 3). Setiap Fakultas menyediakan beasiswa dari beberapa sumber dan pembebasan biaya untuk siswa berprestasi dan tidak mampu.
  3. Siswa yang berminat pada Program Studi : Kedokteran Umum, Ilmu Keperawatan, Psikologi, Kedokteran Hewan, Agroekoteknologi, Farmasi, Biologi, Kimia, Fisika, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Ilmu dan Teknologi Pangan, Teknologi Industri Pertanian, Teknik Pertanian harus melampirkan Surat Keterangan Asli dari Dokter Spesialis Mata yang menyatakan tidak buta warna.
  4. Siswa yang berminat pada Program Studi Ilmu Keperawatan memiliki tinggi badan tidak kurang dari 160 cm untuk putra dan 155 cm untuk putri, serta tidak cacat fisik atau ketunaan yang dapat mengganggu kelancaran proses belajar.
  5. Mengisi Form Surat Pernyataan Kesediaan Aktif pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Udayana, khusus untuk PMDK Jalur Umum/Khusus Prestasi Olahraga/Seni (Lampiran 5)

Kriteria Penilaian

  1. Penilaian dilaksanakan dengan penyusunan peringkat nilai akhir yang terdiri dari nilai Desk Evaluasi dan nilai ujian tulis Tes Potensi Akademik dan Tes Prestasi Akademik. Nilai Desk Evaluasi adalah nilai-nilai yang terkumpul dari nilai rapor dan ekstra kurikuler. Ketentuan penilaian adalah sebagai berikut.
  2. Nilai Desk Evaluasi (50%) : Jalur Umum/Khusus (Akademik) : 40% prestasi akademik dan 10% prestasi ekstra-kurikuler (termasuk olahraga/seni)Jalur Umum/Khusus (Olahraga/Seni) : 25% prestasi akademik, 20 % prestasi olahraga / seni, dan 5% prestasi ekstra-kurikuler lainnya.
  3. Nilai Ujian Tulis Tes Potensi Akademik (25%) dan Tes Prestasi Akademik (25%)
  4. Nilai Akhir = Nilai Desk Evaluasi + Nilai Ujian Tes Potensi Akademik + Tes Prestasi Akademik
  5. Prestasi yang diakui dari kegiatan ekstra-kurikuler dan olahraga / seni adalah prestasi yang diperoleh selama menjadi siswa di SMA/SMK, terdiri atas :
  6. Lomba Karya Tulis Ilmiah: Mendapatkan juara dalam lomba karya tulis ilmiah (baik individu maupun kelompok) yang diselenggarakan oleh pihak penyelenggara, dengan menunjukkan fotocopy piagam penghargaan yang disahkan oleh Kepala Sekolah.
  7. Lomba Bidang Studi : Lomba bidang studi yang sesuai dengan jurusan atau program studi yang diminati dan penyelenggaraannya diakui kredibilitasnya. Jenis prestasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah keikutsertaan dalam pemilihan pelajar teladan, olimpiade, dan sejenisnya dengan menunjukkan fotocopy piagam penghargaan yang disahkan oleh Kepala Sekolah.
  8. Kejuaraan Olah Raga/Seni : Meraih prestasi dalam perlombaan bidang olahraga/seni baik individu maupun kelompok pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional maupun internasional, dengan menunjukkan fotocopy piagam penghargaan yang disahkan oleh Kepala Sekolah.
  9. Partisipasi dalam OSIS / MPK : Siswa yang pernah menjadi pengurus OSIS / MPK sebagai Ketua, Sekretaris, Bendahara (termasuk wakil), atau Ketua Seksi dengan melampirkan fotocopy Surat Keputusan Kepala Sekolah yang telah disahkan atau Surat Keterangan Kepala Sekolah.
  10. Prestasi pada 4.2 poin a, b, c, dan d, masing-masing diakui hanya satu, yaitu pada posisi prestasi tertinggi untuk Jalur Umum/Khusus Akademik sedangkan untuk Jalur Umum/Khusus Olahraga/Seni untuk poin c yang dinilai maksimal sepuluh prestasi tinggi.
  11. Prestasi yang dinilai adalah minimal juara III di tingkat provinsi, nasional, dan internasional serta juara I di tingkat kabupaten/kota.
  12. Semua bukti fisik pada 4.2 poin a, b, c dan d harus dapat ditunjukkan aslinya pada saat pendaftaran kembali jika telah dinyatakan lulus seleksi.

Jadwal Pelaksanaan

  1. PMDK Universitas Udayana dilaksanakan dalam tiga periode, yaitu Periode April, Juni, dan Agustus.
  2. Formulir Seleksi dikirim ke sekolah-sekolah mulai Senin, 4 Januari 2010. Formulir dapat diperbanyak (fotocopy) sesuai kebutuhan atau diakses melalui http://www.unud.ac.id.
  3. Berkas lamaran agar dikirim oleh sekolah/peserta secara langsung atau melalui pos selambat-lambatnya Kamis, 25 Pebruari 2010 (PMDK Periode April), Kamis, 27 Mei 2010 (PMDK Periode Juni), dan Jumat, 13 Agustus 2010 (PMDK Periode Agustus) kepada Panitia Seleksi Calon Mahasiswa Melalui Jalur PMDK Universitas Udayana Tahun 2010 d/a. Biro Administrasi Akademik, Kampus Bukit Jimbaran, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.
  4. Berkas lamaran yang dikirim agar dilengkapi dengan :
    1. Surat pengantar dari Kepala Sekolah (Lampiran 6)
    2. Daftar nama peminat seleksi untuk pendaftaran secara berkelompok (Lampiran 7)
    3. Rekapitulasi jumlah peminat berdasarkan program studi yang dipilih untuk pendaftaran secara berkelompok (Lampiran 8)
  5. Setiap pelamar mendapatkan kartu identitas pendaftaran (Lampiran 10) yang dapat diambil langsung oleh pendaftar/perwakilan sekolah sebagai identitas pelamar termasuk tanda ujian tulis, atau dapat diambil langsung selambatnya 2 (dua) hari sebelum pelaksanaan tes tulis, bila pengiriman berkas melalui pos.
  6. Ujian Tulis Tes Potensi Akademik dan Tes Prestasi Akademik diselenggarakan Minggu 14 Maret 2010 (PMDK Periode April), Minggu 6 Juni 2010 (PMDK Periode Juni) dan Jumat 20 Agustus 2010 (PMDK Periode Agustus)
  7. Pengumuman hasil seleksi PMDK Universitas Udayana direncanakan Jumat 30 April 2010 (PMDK Periode April), Jumat 25 Juni 2010 (PMDK Periode Juni) dan Jumat 27 Agustus 2010 (PMDK Periode Agustus).Pengumuman yang merupakan keputusan akhir hasil seleksi tidak dapat diganggu gugat dalam bentuk apapun. Pengumuman disampaikan secara kolektif ke masing-masing sekolah dan Web Universitas Udayana (http://www.unud.ac.id.)
About these ads
  1. Sutanto Eko Putro
    Januari 8, 2010 pukul 12:29 am

    Mohon usulan / info tempat tes di Jawa Tengah

  2. rachmad hidayat
    Januari 12, 2010 pukul 12:00 pm

    kok aku g bisa download buku panduannya sich,,…

  3. Januari 13, 2010 pukul 11:32 am

    Kenapa formulir PMDK udayana blm ada d kupang NTT, trutama d SMAN 1 kupang? ? ?

  4. Januari 13, 2010 pukul 11:40 am

    Kenapa Formulir PMDK unud blm msk d kupang, NTT. Khususnya d SMAN 1 kupang?

  5. ficill
    Januari 15, 2010 pukul 4:38 am

    ada syarat2 laen ga’ kalo dari luar kota????

  6. vii
    Januari 16, 2010 pukul 9:04 am

    kak , ak skula di luar bali ..
    tp mau ikut PMDK di unud ..
    gmna carana dpet formulir ????
    ak mungkin ikut yg gelombang 2 bulan mei ..

  7. sherly
    Januari 19, 2010 pukul 12:02 pm

    qlo yg tinggal di jakarta gmna caranya??

  8. sandy agus setiawan
    Februari 5, 2010 pukul 1:40 am

    saya mw taxa letak tez unudx dilaksanakan dmn???kampus unud ya???terima kasih

  9. phyt
    Februari 7, 2010 pukul 8:10 am

    tentang nilai rapotx gmn????

  10. nina
    Februari 8, 2010 pukul 11:22 am

    Q mw ikt tes pmdk yg gelombang 2 untuk fak Farmasi, kira2 apakah masih bisa yah???
    biasanya yg di ambil pd gelombang 1 brapa persen??

  11. jegeg
    Februari 11, 2010 pukul 2:05 am

    apakah boleh ikut PMDK untuk siswa tamatan 2006 tetapi pernah mengikuti program setara perkuliahan (beasiswa) di tempat lain selama 3 cawu namun berakhir karena sesuatu hal?

  12. tiera
    Februari 27, 2010 pukul 12:39 pm

    gimana dgn peserta dr luar bali? apa bs mengikuti test/pmdk?

  13. sandy agus setiawan
    Februari 28, 2010 pukul 2:59 pm

    sandy mau taxa dimana tempat sandy tez tulis bsk???di fakultas apa, atas nama sandy agus setiawan

  14. taufik
    Maret 15, 2010 pukul 7:27 am

    mas/mb’ aq tnx kpn trakhir pendaftaran di unud jika ikut progam bidik misi

  15. yohana
    Maret 28, 2010 pukul 11:59 am

    apa bleh ikut pmdk udayana kalo udah ikut pmdk di univ lain??

  16. erin
    Mei 9, 2010 pukul 11:33 am

    kak, fak.pariwisata d sudirman / jimbaran?

  17. sri pangastuti
    Agustus 5, 2010 pukul 6:45 am

    Mau tanya pada awal agustus 2010 ini apa msh bs daftar fk unud ? utk lulusan2009

  18. sudi
    September 13, 2010 pukul 12:13 pm

    maaf kak lo leh tau ,..kira2 lo nyari jurusan kedokteran biaya administrasinya/rincian pembayaranya apa aja??
    dan kira-kira brapa ya kak???
    dan kalau memakai surat keterangan tidak mampu ,biaya apa saja yang akan di bantu kak????

  19. sudi
    September 13, 2010 pukul 12:36 pm

    untuk mata pelajaran ,kimia, fisika,matematika,dan biologi
    boleh nilainya 5,0 gitu kak???

  20. LINDA NOVIA
    Desember 22, 2010 pukul 4:24 am

    persyaratan yang buat PMDK tahun 2011 ada nggak?

  21. diah ayu
    Desember 31, 2010 pukul 3:42 am

    berapa yang di terima di farmasi unud thn 2010 lewat jalur pmdk dan snmptn?

  22. Januari 4, 2011 pukul 6:13 am

    boleh ga,, alumni 1 tahun ikut pmdk

  23. Januari 6, 2011 pukul 7:55 am

    untk formulir pendaftaran PMDK 2011 ko ga da ya?????yg ada ko 2010 aja?????

  24. bryan
    Januari 19, 2011 pukul 2:04 pm

    napa blum ada sosialisasa udayana di kpg khususnya di mercusuar ,
    trus gmana carax dpat formulir PMDK ????

  25. patris silalahi
    Februari 25, 2011 pukul 12:34 pm

    mohon diberi keterangan tntang nilai yang di ambil untuk masuk ke UNUD untuk setiap fakultasnya…!!!

  26. rofiqoh isti
    Oktober 22, 2011 pukul 9:46 am

    informasi untuk tahun 2012 gmn?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: