Beranda > Hospitality Business > Career in Hospitality Industry

Career in Hospitality Industry

Career in Hospitality Industry
by : Dama Adhyatma


Industri hospitaliti merupakan sebuah industri yang abstak dan tidak bisa didefinisikan secara mutlak. Semua hal yang menghasilkan produk berupa keramah-tamahan merupakan bagian dari industri hospitaliti, misalnya hotel, restaurant, airlines, kapal pesiar dan masih banyak lagi. Industri hospitaliti merupakan industri yang berkembang dengan pesat di berbagai negara di dunia.

Menurut World Travel dan Tourism Council,  pekerjaan travel dan tourism, termasuk industri hospitaliti, merupakan 8 persen dari seluruh pekerjaan yang ada di dunia dan berpotensi yang paling tinggi untuk berkembang dibandingkan dengan industri lainnya.  Menurut laporan, setiap tahunnya terdapat 840 juta lebih wisatawan yang berpergian atau berwisata. Ekonomi, sosial, dan lingkungan sangat menunjang untuk menciptakan pekerjaan yang tetap dan kehidupan yang berkualitas.

Karena industri hospitaliti sangatlah luas, kesempatan karier di industri hospitaliti sangatlah banyak, meliputi :

  1. Hotel dan resorts
  2. Restaurant dan commercial food service
  3. Perencanaan meeting dan event
  4. Tourism destinations dan Attractions
  5. Leisure, tempat wisata dan manajemen olah raga (sports management)
  6. Perusahaan penerbangan (airlines), kapal pesiar (cruiselines), dan transportasi lainnya
  7. Environmentally sustainable dan cultural tourism development
  8. Spa and wellness management
  9. Gaming, casinos dan clubs

Contoh karier yang paling sering kita temui di industri hospitaliti misalnya housekeeping. Industri hospitaliti tidak lagi memerlukan seseorang yang hanya bisa membersihkan tempat tidur dan toilet saja. Sebagai staff housekepping (housekeeper) dibutuhkan keterampilan yang baik dan ditunjang dengan bahasa Inggris yang lancar. Seorang housekeeper kini harus bisa melakukan berbagai tugas. Disamping membersihkan kamar/ruangan, mereka juga harus bisa membersihkan kebun, mengerjakan laundry, bahkan berhubungan langsung dengan para tamu. Saat ini, sudah banyak housekeeper yang memiliki pengalaman, ketrampilan, dan pengetahuan untuk menjalankan divisi kamar dengan baik. Housekeeping terdapat di hampir semua sektor industri hospitaliti. Karena itu, kesempatan kerja bagi seorang housekeeper sangatlah besar. Oleh sebab itu, diperlukan ketrampilan, pengetahuan, dan menguasai bahasa inggris agar dapat bersaing dan menjadi seorang housekeeper yang berwawasan global.

Contoh lain yang sering kita temui dan terdapat di hampir semua industri hospitaliti adalah kitchen stewarding atau pembantu dapur. Tugas mereka yang bekerja sebagai kitchen steward adalah membersihkan piring dan perlengkapan lainnya, mengontrol inventaris, memelihara kehigenisan dan kualitas dapur, dan lain sebagainya. Tidak banyak keterampilan yang harus dimiliki seorang steward, hanya saja seorang steward wajib memiliki sikap/attitude yang baik sehingga dapat melakukan tugasnya dengan baik

Sebagai industry yang luas, dinamis, dan berkembang, industri hospitaliti menyediakan kesempatan karier yang begitu besar kepada seseorang yang senang bekerja dengan orang lain. Industri hospitaliti berkembang di lingkungan yang persaingannya tinggi. Untuk itu, mereka yang ingin bekerja di industri hospitaliti penting untuk memiliki fondasi bisnis yang kuat dan kemampuan menservis pelanggan. Di industri hospitaliti, diperlukan seseorang yang dapat megetahui kebutuhan pelanggan dan menyediakan service yang diinginkan pelanggan.Yang tak kalah pentingnya adalah attitude atau sikap seseorang yang menentukan kesuksesannya di industri tersebut.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: