Beranda > Hospitality Business > Hospitality Management : Planning of The Incredible Hotel and Resorts 2009

Hospitality Management : Planning of The Incredible Hotel and Resorts 2009

Tugas Pengantar Manajemen Hospitality

Perencanaan (Planning) Tahun 2009

The Incredible Hotel and Resorts


by : Dama Adhyatma


PENDAHULUAN

Gambaran Umum The Incredible Hotel and Resorts

The Incredible Hotel and Resorts didirikan pada tanggal 28 April 1997 oleh Dama Adhyatma yang berlokasi kawasan Bali Tourism Development Centre (BTDC) Nusa Dua, Bali.  The. Incredible Hotel and Resorts merupakan  hotel bintang lima (five star hotel). Adapun fasilitas-fasilitas yang disediakan di The  Incredible adalah :

  1. Meeting Room, berlokasi di The Royal Ballroom dengan kapasitas 1100-1500 orang. Ruangan tersebut juga bisa disekat sampai 8 ruangan, yang mana setiap ruangan memiliki kapasitas sampai 20 orang atau lebih.
  2. Bar and Restaurants, yaitu Balinesse Palace, King cold Bar, Ryoshii Javanese Restaurant, Dama’s International Restaurant, Western Bar.
  3. Sport Centre and Health Club, antara lain : kolam renang, aerobic dan fitness centre, sauna, whirlpool, steam room, massage facilities dan spa.
  4. Business Centre, yang memiliki fasilitas yang lengkap, antara lain fax, jasa sekretaris, 6 work station, 1 private office, dan fasilitas untuk rapat yang mempunyai kapasitas 10-15 orang.
  5. Medical Facility, yang menyediakan jasa pelayanan medis.
  6. Fasilitas parkir dan car rental.

The Incredible Hotel and Resorts memiliki kapasitas kamar sebanyak 450 kamar. Adapun fasilitas-fasilitas yang disediakan di setiap kamar, antara lain : minibar dan coffeemaker, lantai kamar mandi yang terbuat dari batu marble, TV satelit, telepon dengan sambungan SLI dengan fasilitas fax, dan amenities yang mewah, bathrobes, hairdryer, electronic bedside control panel, safety deposit box, connecting door di kamar-kamar tertentu.

Pelayanan atau services juga merupakan salah satu produk hotel. Pelayanan-pelayanan tersebut antara lain:

  1. Incredible ‘s Guest Office

Menawarkan kepada business traveler beberapa pilihan untuk tinggal di kamar yang juga dapat berfungsi sebagai ruang kerja dengan harga $ 20 lebih tinggi dari harga standar. Untuk memenuhi kebutuhan business traveler yang semakin meningkat, maka Incredible’s Guest Office mengombinasikan efisiensi dan teknologi, sebuah ruang kerja yang nyaman dan mewah yang memiliki private guest room. Setiap ruangan Guest Office meliputi area kerja yang nyaman dan dilengkapi dengan kursi yang didesain secara ergonomikal, multi-function laser printer /copier, speakerphone with data port, printer cables, voice messaging, unlimited local calls and long distance access.

  1. Express Checkout

Tamu hotel dapat menikmati kenyamanan fasilitas ini dengan major credit card. Kapanpun tamu hotel dapat checkout tanpa melalui front desk dan cukup dengan meletakkan bill hotel mereka dalam kotak. Express checkout. Billing receipt akan dikirimkan ke tamu dalam waktu24 jam.

  1. Services Express

Dengan Service Express tamu cukup menekan satu angka dari telepon kamar untuk membuat servis requests, misalnya wake up calls, luggage assistance, maintenance requests, dry cleaning pickups, mail delivery, iron and ironing hoard delivery, dan mail & fitness reservation.

Nb :

  1. 1. Nama hotel, fasilitas, dan semua data-data tersebut adalah fiktif atau imajinasi penulis. Apabila terdapat kesamaan nama, tempat, fasilitas, dan lain sebagainya, mohon dimaafkan.
  2. 2. Visi dan Misi The Incredible Hotel yang penulis gunakan adalah Visi dan Misi dari The Westin. Namun objective, goals, strategy dan tacticnya merupakan karangan penulis sendiri.

PLANNING THE INCREDIBLE HOTEL AND RESORT 2009

  1. 1. Vision (Visi)

The Incredible is a growth company that provides hotel management and marketing services worldwide. The Incredible will be the most sought after global brand among upscale hotel companies. Visi The The Incredible dapat diartikan sebagai berikut: “The Incredible adalah perusahaan yang  berkembang yang menyediakan manajemen hotel dan pelayanan pemasaran hotel di dunia. The Incredible akan menjadi merek yang paling terpandang di antara hotel-hotel papan atas lainnya”.

  1. 2. Mission (Misi)

Our mission is to exceed the expectations of our customers through a balanced focus on the interests of our hotel owners, hotel guests and fellow employees. Dapat diartikan : “Misi kami adalah untuk memenuhi permintaan atau pengharapan dari konsumen kami yang berfokus pada keinginan pemilik hotel, tamu hotel, dan para staff”.

  1. 3. Objective (Tujuan)

Beberapa tujuan yang ingin dicapai pada tahun 2009 mendatang adalah sebagai berikut :

1.)    Meningkatkan keuntungan hotel.

2.)    Meningkatkan occupancy atau tingkat hunian kamar.

3.)    Meningkatkan loyalitas dan produktivitas staff

4.)    Meningkatkan kepuasan konsumen.

  1. 4. Goals (Sasaran)

Beberapa sasaran yang diinginkan dalam perencanaan ini adalah sebagai berikut :

1.)    Pendapatan hotel meningkat menjadi US$ 30.878.996 (dari US$ 26.140.849 di tahun 2008) dengan laba kotor operasi sebesar US$ 8.831.607 (tahun 2008 :US $ 7.291.777)

2.)    Tingkat hunian rata rata 70,8% (tahun 2008 : 62,3%) dengan harga rata-rata kamar sebesar US$ 140,91 (dari US$ 133,15 pada tahun 2008)

3.)    Tingkat perputaran staff / pegawai menurun menjadi 3% (tahun 2008 : 5 %)

4.)    Tingkat kepuasan konsumen meningkat menjadi 80,5% (penelitian terhadap tingkat kepuasan konsumen pada tahun 2008 sebesar 73,9%)

  1. 5. Strategy (Strategi)

Untuk mewujudkan sasaran yang diinginkan, maka strategi yang dapat dilaksanakan pada tahun 2009, meliputi :

1.)    Mengelola fasilitas-fasilitas yang telah ada di hotel dengan baik dan menambahkan fasilitas pelayanan yang dapat menunjang peningkatan keuntungan hotel.

2.)    Membuat paket-paket special yang yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan kamar.

3.)    Meningkatan kerjasama dengan travel agent dan memberikan penawaran khusus berupa pengurangan harga kepada travel agent.

4.)    Melakukan promosi-promosi baik melalui media cetak maupun media elektronik.

5.)    Strategi penetapan harga berdasarkan nilai dimana The Incredible akan memberikan harga yang wajar berdasarkan kombinasi yang tepat antara mutu dan pelayanan hotel. Strategi ini digunakan untuk menetapkan harga standar kamar hotel.

6.)    Strategi penetapan harga promosi untuk peristiwa-peristiwa khusus, seperti Idul Fitri dimana sasaran dari strategi ini adalah tamu-tamu lokal yang berlibur pada waktu itu.

7.)    Pemberian training-training kepada staff hotel untuk menjaga dan meningkatkan pelayanan kepada tamu hotel dan memberikan promosi/kenaikan pangkat bagi pegawai yang berprestasi.

8.)    Strategi proses reservasi kamar, dimana The Incredible hotel dapat menerima reservasi melalui telepon, faksimili, reservasi langsung maupun melalui internet. Dalam proses pembayaran, hotel The Incredible menerima semua jenis kartu kredit.

  1. 6. Tactic (Taktik)

Untuk menyukseskan strategi yang dibuat serta mengatasi gejolak-gejolak yang mungkin terjadi pada tahun 2009 maka The Incredible Hotel and Resorts akan menerapkan taktik-taktik sebagai berikut :

1.)    Mengadakan program The Incredible Kids’Club

Dalam menghadapi fluktuasi yang mungkin akan terjadi pada tahun 2009 nanti, hotel The Incredible akan mengadakan program The Incredible Kids’ Club.  Dengan adanya Westin Kids’ Club, diharapkan para tamu akan lebih merasa enjoy dan lebih aman, karena anak-anak mereka berada dalam pengawasan orang-orang dengan kemampuan yang professional.

2.)    Mengadakan Meeting Package dan Business Package

Sasaran dari paket ini adalah pebisnis dalam maupun luar Negeri yang akan mengadakan meeting. Fasilitas-fasilitas yang akan didapatkan meliputi penggunaan fasilitas ruang pertemuan, coffee break, lunch dengan menu pilihan, proyektor. Melalui paket ini diharapkan akan meningkatkan keuntungan hotel.

3.)    Internet sebagai saluran distribusi

The Incredible Hotel akan memperbanyak chanel-chanel  internet yang digunakan sebagai saluran distribusi.

4.)    Joint Promotion

The Incredible Hotel akan melakukan kerjasama gabungan dengan Citibank. Cara kerjanya adalah apabila ada costumer Citibank yang mengajukan aplikasi credit card dan telah disetujui maka customer akan memperoleh voucher senilai US$ 20 yang bisa dibelanjakan di hotel The Incredible, baik untuk makan dan minum di restoran atau di bar juga untuk memberikan potongan harga untuk menginap di hotel The Incredible.

5.)    Special Room Promotion

Tahun 2009 akan dibentuk paket-paket jangka pendek yang lebih menarik dari tahun sebelumnya.

6.)    Social Activity

Mengadakan acara sosial dengan tujuan utuk membantu rakyat miskin, dapat berupa menyumbangkan 10% dari tarif kamar ke panti asuhan. Melaui program ini, disamping membantu rakyat miskin juga dapat meningkatkan nilai brand atau citra The Incredible Hotel and Resorts.

7.)    People Motivation

Memberikan bonus kepada para pegawai / staff hotel apabila sasaran yang diinginkan terwujud sehingga hal ini akan memotivasi para pegawai untuk lebih meningkatkan produktivitasnya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: